Senin, 30 September 2013

MILIK SIAPAKAH GEREJA YANG SEBENARNYA


GEREJA adalah milik Kristus, ditengah dunia yg majemuk. Gereja membawa misi Tuhan bagi dunia menjadi sarana karya keselamatan dunia ini, tetapi secara umum Gereja milik siapa yg sesungguhnya?

1.GEREJA ADALAH MILIK TUHAN YESUS KRISTUS (Matius 16:18) 
“Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” (Mat 16:18)
  • Dia adalah pencipta gereja itu sendiri (Efesus 1:4) “Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.” (Ef 1:4 i_TB)
  • Dia yg mempunyai dana dan kekayaan (hagai 2:9) “(2-10) Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman TUHAN semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman TUHAN semesta alam."” (Hag 2:9)
2.GEREJA MILIK SAUDARA (JEMAAT) – (1 Korintus 12:27)
“Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.” (1Kor 12:27)
  • Tiap anggota gereja harus berkata tentang gereja-Nya :
v  Ini adalah gereja saya yg harus saya bangun dan bela
v  Ini Gereja saya yg harus saya hidupi, dan tidak akan kutinggalkan
v  Ini Gereja saya yg harus saya kerjakan sebagai wujud kesetiaan dan ketaatan.
3.GEREJA ADALAH MILIK KITA (1 KORINTUS 12:6-7)
“Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.”
  • Jemaat turut memiliki, mereka bertanggung jawab dalam segala bentuk pelayanan, dilibatkan dan melibatkan diri sepenuhnya dalam pelayanan. Sebagai apa itu tidaklah penting, yang penting setiap jemaat mau dan rela terlibat dalam segala pelayanan (Efesus 4:16) “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh,  —  yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota  —  menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.”
  • Jemaat tidak pusing dengan penghidupannya, penuh percaya kepada Tuhan (2 Timotius 2:4) “Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.”
  • Jemaat terdiri dari berbagai suku dan bahasa, tidak dibedakan (Galatia 3:28) “Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.”
4.GEREJA JUGA MILIK SETIAP ORANG PERCAYA (MATIUS 28:19-20)
“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."” (Mat 28:19-20 i_TB)
  • Gereja yg sehat menjadi milik semua orang percaya, bukan hanya sebagian orang
  • Gereja terbuka dan membuka diri untuk menerima siapapun yg ingin ibadah dan berkunjung, dengan diuji serta diambil yg baik (1 Tes 5:21) “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.”
Dengan gambaran tersebut, setiap gereja belajar menyelaraskan supaya menjadi gereja yg dihadiri Tuhan, dan menggoncangkan wilayah dan menjadi pemenang atas kuasa setan.
Ajak jemaat merenungkan kebenaran, dilibatkan dalam pembacaan firman Tuhan supaya mereka mengerti ayat ayat yg mendukung pemberitaan. Hari ini senin 30 september 2013 pulang dari pelayanan di Datah Bilang – Hulu Mahakam. Doakan agar Gereja menjadi tangan Tuhan menjangkau jiwa-jiwa bagi kemuliaan-Nya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar