Jumat, 20 September 2013

KASIH YANG NYATA



1 Yohanes 4:7 "Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah."
Ketika orang yang tidak percaya mengunjungi gereja, mereka tidak hanya menyelidiki apa yang terjadi di depan mimbar, tapi mereka juga menyelidiki apa yang terjadi di sekeliling mereka. Mereka sedang melihat reaksi Anda. Apakah Anda peduli pada mereka? Apakah Anda memperhatikan mereka? Apakah kehadiran mereka penting bagi Anda? Apakah ibadah ini berarti bagi mereka?

Walau mungkin ada kalanya para pengunjung ini tidak mengerti tata ibadah gereja, namun sebelum kita mulai menghakimi, mari kita berhenti dan bertanya pada diri sendiri, apakah kita tahu kisah mereka? Apakah ini pertama kalinya mereka datang ke gereja? Mereka tidak tahu apa yang seharusnya mereka kenakan. Mereka tidak tahu apakah tulisan di T-shirt mereka itu pantas di pakai di gereja atau tidak. Mereka tidak tahu apa yang harus diucapkan.

Beberapa orang Kristen mungkin akan mengusir mereka dan berkata, "Saya minta maaf, tapi sepertinya Anda tidak bisa masuk. Anda tidak berpakaian dengan tepat." Coba tebak? Itu membuat Allah marah, karena gereja adalah tempat untuk mendengar Firman Tuhan. Gereja adalah tempat untuk menyembah Tuhan. Gereja adalah tempat untuk berdoa. Dan gereja adalah tempat bagi orang-orang berdosa untuk datang dan menemukan Tuhan. Tetapi lebih tepatnya fungsi Gereja adalah :

·         Gereja adalah tempat untuk belajar, belajar apa ? belajar mengenal TUHAN yg sesungguhnya, kalau ada orang yg sebelumnya tidak mengenal Tuhan, maka datanglah ke Gereja. Karena di Gereja diberitakan Firman Tuhan, di Gereja Tuhan hadir. “Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."” (Mat 18:19-20)

·         Gereja tempat untuk belajar menemukan keluarga baru, kalau ada orang yg tidak mempunyai keluarga, maka datanglah ke Gereja. Karena di gereja akan menemukan keluarga-keluarga baru.  “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.” (Ef 2:19-20) di Gerejalah akan diterima, bukan sebgai tamu, tetapi sebagai keluarga Allah. Kalau ada Gereja yg tidak suka anggota baru, gereja itu pasti tidak berkembang.

·         Gereja juga tempat belajar untuk melayani Tuhan, Gereja dimuka bumi mendapatkan tugas pengutusan agung, yaitu untuk menjadikan semua orang untuk menjadi murid  Tuhan.
Kita doakan supaya Geteja menjadi sarana penggenapan Visi Tuhan bagi dunia. Kalau itu yang terjadi, maka Bumi akan penuh kemuliaan-Nya. (Jes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar