Senin, 30 September 2013

GEREJA HARUS BERTUMBUH



“Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.” Kisah Para Rasul 2:42-47
Gereja banyak yang menjadfi cela oleh masyarakat, maupun agama islam. Karena Gereja tidak mengalami kemajuan dan pertumbuhan yang pesat, Gereja harus mulai bangkit dan mengalami pertumbuhan, baik secara kuantitas (jumlah jemaat), maupun kualitas iman jemaat dan pelayananya.

1.RAHASIA PERTAMA ADALAH KUASA FIRMAN TUHAN (AYAT 42A)
  • Jemaat bertekun dalam pengajaran (ibadah PA, BAS dan kelompok sel)
§  Firman yg berkualitas dan ada kuasa (ayat 41) “Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.”
§  Bertumbuh karena kuasa Firman Tuhan (1 Tesalonika 2:13) “Dan karena itulah kami tidak putus-putusnya mengucap syukur juga kepada Allah, sebab kamu telah menerima firman Allah yang kami beritakan itu, bukan sebagai perkataan manusia, tetapi  —  dan memang sungguh-sungguh demikian  —  sebagai firman Allah, yang bekerja juga di dalam kamu yang percaya.”
§  Gereja menjadi sempurna krn kuasa Firman Tuhan (Mazmur 119:11) “Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.”

2.RAHASIA KEDUA ADALAH KESEHATIAN JEMAAT DAN HAMBA TUHAN (42B)
§  Kesehatian menjadi kunci bagi pertumbuhan Gereja (Yohanes 17:11-12) “kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama- Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.”
§  Kesehatian menjadi kunci keberhasilan doa jemaat (Mat 18:20,KR 1:14) “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka." “Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama, dengan beberapa perempuan serta Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus.” (Kis 1:14)

3.RAHASIA KETIGA KUASA KESAKSIAN JEMAAT DAN HAMBA TUHAN (KR 1:8, 1 TES 1;8)
§  Kuasa kesaksian nyata lebih kuat dibanding dengan yg lain (1 Kor 11:26) “Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.”
§  Kesaksian tentang kehidupan yang nyata sehari hari (Amsal 20:11) “Anak-anakpun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya.”

4.RAHASIA KEEMPAT ADALAH KUASA DOA (AYAT 42D)
§  Tiada hari tanpa doa dalam jemaat (Mat 14:23, 26:36) “Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.” (Mat 14:23)
§  Doa dijadikan perintah Tuhan (Yer 33:3, Mat 7:7) “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.” (Yer 33:3)
§  Diyakini doa menjadi jawaban kehidupan (Mat 7:8) “Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.”

5.RAHASIA KELIMA KUASA MUJIZAT (AYAT 43-45)
§  Melalui mujizat  banyak membawa jiwa datang kepada Tuhan (Yoh 6:2) “Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia, karena mereka melihat mujizat-mujizat penyembuhan, yang diadakan-Nya terhadap orang-orang sakit.”
§  Melalui mujizat pelayanan menjadi semakin nyata (1 Kor 4:20) “Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa.”

6.RAHASIA KEENAM PERTUMBUHAN GEREJA ADALAH KUASA MEMBERI (AYAT 44-45)
§  Jemaat harus diajar unt memberi dengan benar sesuai Firman (Mal 3:10,Luk 6:38) “Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”  “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

7.RAHASIA KETUJUH ADALAH KUASA KESETIAAN (AYAT 46)
§  Kesetiaan adalah karakter Tuhan Yesus, para nabi, setiap anak Tuhan (Kel 34:27, Bil 12:7, 1Petrus 4:19)A.“Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan Israel."” (Kel 34:27) B. “Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku.” (Bil 12:7) C. “Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.” (1Ptr 4:19).

Gereja semakin disempurnakan Tuhan agar menjadi keteladanan, dan kiranya Tuhan saja yg dipermuliakan serta bumi penuh kemuliaan. Haleluyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar