Rabu, 02 Oktober 2013

MENGENAL PENYAKIT JEMAAT YANG MEMBUAT GEREJA TIDAK BERTUMBUH




Gereja tidak dapat bertumbuh, gereja menjadi lumpuh dan tidak ada kuasa Tuhan. Gereja hanya menjadi tempat ibadah orang Kristen belaka, ada penyakit didalam jemaat. Apa saja penyakit yg ada sehingga membuat Gereja tidak mampu menjadi berkat..??

1.JEMAAT YANG SUKA MENCARI-CARI MASALAH (TITUS 3:9)

v  Jemaat dan hamba Tuhan suka mencari cari masalah, sampai terjadi keributan dan pertengkaran akan menghambat Gereja unt bertumbuh (2 Tim 2:23-25) “Hindarilah soal-soal yang dicari-cari, yang bodoh dan tidak layak. Engkau tahu bahwa soal-soal itu menimbulkan pertengkaran, sedangkan seorang hamba Tuhan tidak boleh bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,”
v  Untuk menghindari masalah yg timbul, jemaat dibawa kepada pengajaran yg benar dan ditegur sesuai dengan FIRMAN TUHAN. (Kol 3:16) “Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.”

2.JEMAAT YANG MASIH HIDUP DIDALAM DOSA

v  Yang membuat pemisah dg Tuhan adalah dosa (Yesaya 1:15-16), “Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku, bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah. Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat,” Tuhan tidak akan jawab doa kita saat masih hidup didalam dosa
v  Dosa menghambat hal yang baik (Yeremia 5:25), perbuatan dosa akan menghambat perkara baik didalam kehidupanj seseorang. “Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu.” (Yer 5:25)

3.JEMAAT MASIH MEMPUNYAI IRI DAN MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI.

v  Iri membuat kehidupan jemaat menjadi kerdil dan tidak pernah ada kemajuan, baik secara penambahan jumlah maupun secara kualitas (Yakobus 3:14) “Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!”

4.JEMAAT MASIH MEMELIHARA DOSA MULUT.

v  Bocor mulut, suka membuka rahasia dan ngerumpi (Amsal 20;19) “Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut.”
v  Perkataan kotor masih sering diucapkan (Efesus 4:29 ; Kolose 3:8) “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.”

5.JEMAAT MASIH MUNCUL BUAH DAGING, GEREJA TIDAK AKAN BERTUMBUH 

“Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu  —  seperti yang telah kubuat dahulu  —  bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.” (Gal 5:19-21)
v  Percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dan sebagianya. Hal itu juga membuat Gereja lumpuh.

6.JEMAAT BELUM SIAP UNTUK HIDUP TERTIB (2 TIMOTIUS 1:6-8)

“Karena itulah kuperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.”
v  Gereja berani menegor jemaat agar hidup tertib “Kami juga menasihati kamu, saudara-saudara, tegorlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.” (1Tes 5:14)

v  Orang suka cerita tentang dongeng dan silsilah (Titus 1:10) “Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran.”
Penyakit didalam jemaat ini harus diobati dengan kebenaran Firman Tuhan, sehingga Tuhan dipermuliakan dan Gereja akan bertumbuh secara baik sesuai dengan Firman Tuhan. Itulah pelajaran tentang Gereja, bagi sahabat hamba Tuhan, dan sebagai jemaat Tuhan, kiranya tulisan ini menjadi berkat. Haleluyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar