Kamis, 10 Oktober 2013

SAKIT PENYAKIT



“Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni. Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yak 5:14-16)

Sejak dari dahulu tidak ada orang yang takut mati, akan tetapi setiap orang takut merasakan sakit. Akitab menjawab tentang sakit penyakit, saat penyakit itu sudah kita alami, apa yang harus kita lakukan sebagai orang percaya ?
Orang dunia ada beberapa alternatif, mereka biasa langsung datang ke dokter, dengan minum obat atau operasi sebagai alternatifnya. Bisa therapy dengan media yang ada, bisa minum jamu atau ramu-ramuan. Atau ada yang datang ke orang pintar, atau dukun, atau lebih kerennya datang kepada para normal.

Akan tetapi sebagai orang percaya, TUHAN memberi jawaban sesuai dengan kebenaran-Nya :Memanggil para penatua (diaken, atau Pendeta, hamba Tuhan), tidak pergi kedukun atau tabib, istilahnyajemaat orang pintar atau guru alternatif, tetapi memanggil para hamba-hamba Tuhan dan penatua untuk melayani.

·         Supaya mendoakan dan mengolesnya dengan minyak (urapan), dalam nama Tuhan Yesus tentunya. Dengan didasarkan iman dan pengharapan. Menuntun dan mengajar supaya jemaat dikembalikan kepada pengertian iman yang benar.

·         Doa yang lahir dari iman akan menyembuhkan orang sakit itu, dan kalau penyakit itu akibat dosa maka dosanya itu akan diampuni, didalam pelayanan tersebut tentunya murni dengan Firman Tuhan dan kebenaran.

·         Mengakui dosa, karena penyakit itu karena tiga hal, bisa karena hidup tidak tertib, karena dosa, atau bisa karena Tuhan mau supaya semua orang tetap mengingat Dia. Ada langkah untuk mengerti tentang kebenaran yang sesungguh-sungguhnya.

·         Doa itu harus didoakan oleh penatua atau hamba Tuhan yang benar hidupnya, bukan sekedar doa, tetapi oleh kebenarannya itulah yang membuat doa itu berkuasa. Dengan iman si sakit dan doa yang dinaikkan akan menghasilkan kesembuhan dan menjadi kesaksian yang luar biasa.

Ini cara TUHAN, dan dengan keyakinan maka kesembuhan itu pasti akan terjadi. Tetapi apa salah dengan adanya dokter, dan rumah sakit ? tidak salah ! Tuhan juga bisa pakai mereka sebagai sarana tangan Tuhan. hanya sikap kita sebagai orang percaya dibutuhkan dalam menghadapi setiap maalah, terutama menghadapi sakit penyakit.

BERTINDAK DENGAN IMAN, BERSAMA TUHAN KITA HADAPI MASALAH PENYAKIT BERDASARKAN KEBENARAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar