Senin, 23 September 2013

GEREJA TEMPAT SESEORANG MENEMUKAN JAWABAN (MATIUS 16:13-20)



Gereja bukan hanya tempat beribadah orang yg beragama Kristen, Gereja juga bukan hanya sebagai tempat berdoa, bernyanyi, memuji Tuhan, ataupun mendengar khotbah. Tetapi gereja adalah tempat seseorang menemukan jawaban dari Tuhan, jawaban yang bagaimana, dan jawaban apa saja ?

1.GEREJA TEMPAT MENEMUKAN KELUARGA YANG SEJATI
·         Orang percaya saat dijauhkan dari keluarga, sanak family, mereka mendapatkan keluarga sejati didalam Tuhan (Efesus 2:19-20), “Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.” tidak basa basi, tetapi sungguh sungguh sbg keluarga yang baik dalam persekutuan yg akrab.
·         Saat melakukan kehendak Bapa akan menjadi keluarga Tuhan Yesus (Matius 12:30) “Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.”sungguh luar biasa kehidupan didalam Gereja… (saksikan ini kepada semua orang yg belum pernah tahu akan hal ini).
2.GEREJA ADALAH JAWABAN SETIAP ORANG YANG JUJUR (AYAT 16)
  • Jawaban Petrus inilah yang membuat Tuhan menyatakan diri atas petrus sebagai batu karang, fondasi Gereja yg sesungguhnya. Diawali ketidak percayaan, akhirnya sepenuhnya di dapati jawaban yg jujur tentang exintensi Tuhan Yesus.
·         Barangsiapa mengakui Dia sebagai Tuhan menurut iman kita, maka Dia juga akan mngakui kita dihadapan bapa nantinya (Lukas 12:8) “Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.”

3.GEREJA SEBAGAI SUMBER TERANG DUNIA (MATIUS 5:14)
Gereja harus mulai menjadi terang dunia, bukan hanya didalam gedung gereja, tetapi juga menjadi terang bagi lingkungan, kota, dan bangsa.
·         Bicara yg terang, jujur dan apa adanya dimasyarakat yg hidup didalam kegelapan, injil harus diberitakan dengan apa adanya dan jelas (1 Korintus 9:16) “Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.”
  • Dari Gereja menyinarkan sinar kemuliaan Tuhan, maka dunia akan penuh kemuliaan-Nya, bukan dengan doa, tetapi dengan kesaksian yg nyata maka Terang akan Nampak.

4.GEREJA MENJADI JAWABAN ATAS KEHIDUPAN MASYARAKAT.
·         Masalah ekonomi, saat banyak orang mengikuti Tuhan Yesus, mereka dikasi makan terlebih dahulu sebelum diberitakan Firman Tuhan.(Matius 14:14-16) “Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit. Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: "Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa." Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan."
·         Masalah pendidikan, Gereja menjadi jawaban atas kebodohan yang terjadi di lingkungan Gereja dan kehidupan yang nyata.(Matius 12:7) “Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.”
·         Masalah kesehatan, Gereja menjawab setiap sakit penyakit yg sedang mewabah dimasyarakat disekelilingnya (Matius 10:7-8) “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.” (Jes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar