Senin, 09 September 2013

MENGEMBALIKAN KASIH MULA-MULA PADA JEMAAT




Panggilan sebagai orang percaya adalah saling membantu dalam segala hal, bagi yg membutuhkan, terutama sebagai sesama jemaat Tuhan. “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."(Kis 20:35). Dimasa-masa sekarang baru musim orang Kristen berpindah kepercayaan, jadi Mualaf istilahnya. Tidak pandang siapa mereka. Dan sebenarnya yg jadi masalah bukannya karena sesuatu mereka berpindah, tetapi karena kurangnya pengajaran didalam Gereja selama ini.
Untuk itulah perlu disegarkan kembali jemaat didaerah, dan juga dikota-kota, supaya jemaat mempunyai pengertian tentang iman didalam Tuhan Yesus Kristus. Kegiatan yg dilakukan Yayasan Pondok Kasih Karunia Cabang Balikpapan diantaranya adalah perkara ini, yg tentunya bekerja sama dengan Gereja dan Yayasan atau persekutuan yg mau dan satu visi dan misi. Kegiatan meliputi. :

   Ibadah KPR (Kebaktian Penyegaran Rohani), jemaat dibangun kembali  dan dibawa kepada pengajaran yg kuat, sehingga jemaat tidak mudah goyah, apalagi berpindah kepercayaan. Jemaat harus mempunyai kepastian tentang keselamatan didalam Tuhan Yesus, “Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. Memang kamu tahu, bagaimana kami bekerja di antara kamu oleh karena kamu.” (1Tes 1:5)

2.      Seminar Apologetika, ilmu untuk mempertahankan iman. Bukan menjadikan jemaat arogan karena tahu, tetapi juga bukan lemah karena tidak mengerti sama sekali. “Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,” (1Ptr 3:15)

3.      Membantu jemaat dalam kelemahan, sakit penyakit, kekurangan dan kemiskinan. Percayakan kepada jemaat bahwa kesembuhan bisa terjadi lewat kuasa doa, dan jemaat diajar untuk hidup bergantung harap kepada Tuhan, tetapi juga harus bekerja, sehingga jemaat tidak menjadi pemalas. “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” (Gal 6:2)

4.      Pelayanan diluar jemaat, mulai menjangkau keluar jemaat (diluar kekristenan), sehingga terang kita terpancar keluar tidak dapat dibatas lagi. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."(Mat 5:16)

Pelayanan yg pertama ada 4 point, dengan harapan setiap pergerakan tersebut akan efektif sesuai dengan tujuan-Nya. Misi Tuhan digenapi dan kemuliaan-Nya dinyatakan. Bukan besar kecilnya, atau penting tidaknya pelayanan, akan tetapi ketaatan kepada Visi yg dari Tuhan dapat dilaksanakan sesuai dengan talenta dan kemampuan, selebihnya Tuhan yg akan bertindak. Haleluyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar