Selasa, 18 Februari 2014

TUHAN PEMILIK DAN KITALAH PENGELOLANYA.


T
UHAN SANG PEMILIK DAN KITALAH PENGELOLANYA
Kejadian 1: 26 “Kemudian Allah berfirman lagi, "Marilah Kita menciptakan manusia menurut rupa Kita, untuk diberi kuasa atas semua binatang di lautan, di udara, dan di bumi."

Tono bekerja di Jakarta dan Toni bekerja di Kalimantan. Tahun demi tahun berlalu dan usaha tambak mereka semakin berhasil. Namun suatu ketika, Toni yang berada di Kalimantan, harus berhadapan dengan persoalan yang cukup pelik di tambak yang ia usahakan karena air disana terkontaminasi oleh kebocoran kilang minyak yang ada di sekitar lokasinya. Toni sangat berbeban berat dan merasa tak mampu lagi mengatasi masalah tambaknya sendirian. Akhirnya, Toni menghubungi Tono untuk meminta nasehat dan petunjuknya. Melihat Toni yang sedang muram, Tono tertawa dan berkata supaya Toni tak perlu terlalu sibuk untuk menguatirkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu ia kuatirkan. Tono meminta Toni untuk menghubungi pamannya dan menceritakan masalah yang terjadi di tambaknya. Bukankah tambak yang Toni dan Tono usahakan adalah milik sang paman? Toni akhirnya ingat bahwa ia hanyalah seorang pengelola dan tambaknya adalah tambak milik pamannya, sehingga tak perlu Toni bergumul sendiri dengan masalahnya. Tak lama setelah Toni menelepon pamannya dan menceritakan apa yang menjadi masalahnya, masalah Toni hari demi hari terselesaikan dan Toni bisa kembali bekerja dengan hati yang gembira.

Sejak zaman Adam ditempatkan di taman Eden, Tuhan telah memberikan tugas bagi manusia untuk menjadi pengelola atas segala hal yang ada di bumi ini. Ingatlah bahwa hidup kita dan setiap hal yang kita miliki adalah hal-hal yang Tuhan percayakan untuk kita kelola. Ketika kita menyadari bahwa TUHAN-lah Sang Pemilik, maka kita akan bisa menghadapi berbagai hal dalam hidup kita dengan petunjuk-Nya. Dalam kehidupan ekonomi kita pun sama: Tuhan-lah Pemilik, kita-lah pengelola.

RENUNGAN
Dalam prinsip ekonomi Tuhan, kita hanyalah HAMBA YANG MENGELOLA KEPERCAYAAN, sedangkan Tuhan adalah PEMILIK dan PENGUASA atas segalanya.

APLIKASI
1. Tuliskanlah hal-hal apa saja di hidup kita yang telah Tuhan percayakan untuk kita kelola dengan baik?
2. Tuliskanlah langkah-langkah apa saja yang kita lakukan setelah kita sadar bahwa kita adalah pengelola atas seluruh hal yang Tuhan percayakan?

DOA UNTUK MINGGU INI: Bapa, kami menyadari kalau selama ini seringkali bingung, karena  kami menganggap semua yg kami kerjakan seolah milik kami. Ampuni ya Bapa kesalahan kami, dan sekarang kami menyadari kami hanyalah pengelola dari kepunyaan-Mu, Amin

DOA SYAFAAT :  Pemerintah dan Bangsa Indonesia, pemilu dan pilkada, pemimpin bangsa, kota Balikpapan, Misi, Gereja-gereja, Oikos  dan pelayanannya kiranya menjadi berkat dan berdampak kepada jiwa-jiwa. Program pelayanan dan penggembalaan. (Jes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar